
Hino Sistem Common Rail Efisien Dalam Meningkatkan Bisnis Pelanggan
Jakarta, 28 April 2021 – Hino sebagai market leader medium duty truck di Indonesia selama lebih dari 20
tahun selalu memberikan teknologi terbaiknya melalui kendaraan – kendaraan yang
tangguh, kuat dan terkenal mampu melewati medan ekstrem sekalipun. Salah satu
bukti Hino sebagai pemain utama dalam kendaraan komersial adalah ketika tahun
1995, Hino Motors Limited (HML) Japan menjadi produsen kendaraan komersial
pertama yang mengembangkan teknologi common rail di dunia. Saat ini, Hino
Indonesia yang merupakan salah satu basis produksi Hino di dunia, tercatat
sebagai merek kendaraan komersial di Indonesia yang melakukan ekspor kendaraan
utuh atau Completely Build Up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan
bis (Light Duty). Hino Indonesia telah melakukan ekspor kendaraan utuh sejak
tahun 2010 sampai dengan saat ini, dengan truk yang di ekspor ke berbagai negara
di ASEAN dan Amerika Latin. Terutama yang sudah standar emisi Euro 4 yang
bermesin common rail ke Filipina dan Vietnam.
Masato Uchida, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mengatakan “Dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan”.
Di Indonesia
sendiri, Hino memperkenalkan teknologi mesin common rail sejak tahun 2012. Saat
ini beberapa model truk dan bus Hino yang bermesin common rail sudah menjadi
andalan para pebisnis di Indonesia Seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump,
Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285. Dimana
kendaraan – kendaraan ini sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan
bakar yang disebut common rail. yaitu bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar
oleh injektor yang dikontrol secara elektronik. Kerja injector menentukan
jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU. Sehingga kombinasi inilah yang digunakan meningkatkan
kerja mesin diesel sekarang ini. Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol
emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik. Dengan kata lain, mesin
dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan
dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta menghasilkan lebih sedikit
emisi untuk itu mesin Common Rail menjadi
lebih irit.
Hino Indonesia
selalu mengembangkan Best Fit Product,
yaitu produk yang sesuai dengan berbagai
kebutuhan bisnis dan operasional customer. Dengan jajaran line up
terlengkap, produk Hino dikembangkan dengan konsep QDR, Quality Durability dan
Reliability. Hino produk dengan basis mesin common rail sudah teruji dan
terbukti karena Hino merupakan produsen pertama di dunia yang mengembangkan
teknologi mesin ini. Engine Hino
Common Rail memiliki berbagai macam keunggulan seperti sistem supply bahan
bakar Hino Common Rail memiliki 3x
penyaringan bahan bakar, hal ini melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Selain itu Injector menggunakan
Diamond Like Carbon (DLC) yang
membuat durabilitas dari injector sangat baik tahan terhadap gesekan. Sistem
common rail turut juga menghasilkan emisi
gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan karena pembakaran lebih sempurna karena pengaturan untuk injeksi, waktu,
jumlah dan tekanan dapat diatur membuat emisi jauh lebih rendah.
Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI mengatakan “Hino Ranger dan Hino Bus untuk beberapa model sudah mengadopsi teknologi common rail, dan hasilnya cukup baik dan diterima menjadi andalan para konsumen dalam menjalankan bisnisnya disini. Untuk itu ini menjadi bukti bahwa kendaraan kami dapat diandalkan termasuk nanti saat era Euro4 tiba”.
“Mesin Hino common rail sudah kami lakukan
serangkaian test, termasuk untuk Hino Bus. Hasilnya test yang kami lakukan di
rute Transjawa, mesin berada pada temperature yang normal dan tidak ada kendala
sama sekali, begitupun dengan temperature oli yang dalam kondisi panas yang
normal. Tentunya ini salah satu keunggulan kami, dengan volume oli yang lebih
sedikit 12.7 liter. Ternyata tidak ada ganguan sama sekali di engine dan
terbukti Hino Bus ini reliable untuk jalur Trans Jawa dan lebih efisien dan
hemat dalam biaya operasional” tambah Santiko
TOTAL SUPPORT untuk Hino Common Rail
Engine Produk
Masuk kedalam
sisi perawatan, kendaraan dengan mesin common rail lebih mudah dibanding mesin
konvensional. Karena perawatan diesel common rail sudah menggunakan sensor
sehingga jauh lebih mudah dan lebih cepat dengan konvesional yang masih manual.
Karena untuk kendaraan Hino cukup sambungkan alat yang disebut dengan Diagnostic Explorer (DX) Tools dan
kerusakan akan terdeteksi. Sehingga kendaraan menjadi lebih cepat lagi untuk
kembali beroperasi. Untuk DX Tools sendiri, sudah tersedia di seluruh head office jaringan Hino yang tersebar
di seluruh Indonesia. Sebanyak 179 jaringan outlet yang tersebar dari Aceh
hingga Papua siap untuk memudahkan pelanggan menjalankan bisnisnya. Selain itu
DX Tools juga sudah dimiliki oleh Hino mobile Service, sehingga konsumen tidak
perlu khawatir jika ada kendala di jalan yang tidak memungkinan unit kendaraan
mencapai lokasi oulet Hino terdekat. Selain peralatan canggih yang Hino
sediakan, untuk perawatan atau perbaikan kendaraan Hino Common Rail. Seluruh
mekanik atau teknisi Hino juga sudah menjalankan pelatihan atau pendidikan
mengenai mesin common rail. Sehingga customer tidak perlu khawatir untuk
melakukan perbaikan kendaraan dimanapun karena hasil kualitas yang sama akan
didapat sesuai dengan standard operational procedure (sop) dari Hino.
Suku Cadang Mudah di Dapat
Hino Produk
Common Rail Engine memiliki suku cadang yang 70% sama atau interchangeability
dengan kendaraan Hino yang tipe mekanik. Dengan didukung oleh 5 part Depo yang
tersebar di Medan, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makasar serta didukung
lebih dari 3.500 partshop. Konsumen tidak perlu khawatir akan ketersediaan suku
cadang Hino Common Rail Engine. Karena Hino turut juga menyediakan suku cadang Hino Genuine Part (HGP) yaitu suku
cadang asli Hino yang dikembangkan langsung oleh Principal Hino di Jepang,
yaitu Hino Motors Limited (HML) Japan. Dengan kualitas dan mutu yang tidak
diragukan lagi dan HMSI Original Part
(HOP) suku cadang asli Hino yang dikembangkan secara lokal namun berada
dibawah pengawasan langsung oleh Principal Hino di Jepang, yaitu Hino Motors
Limited (HML) Japan. Harga lebih terjangkau namun kualitas dan mutu yang
terbaik.
Hino Connect – Monitoring Armada Bisnis
Lebih Mudah
Hino Connect
hadir sebagai bentuk Total Support Hino kepada pelanggan setia, agar senantiasa
bisnis konsumen berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini didasari oleh
keuntungan yang Hino Connect berikan kepada pelangan seperti mempermudah
manajemen operasional, karena fitur di dalam Hino Connect terdapat Route
Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute
armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien. Keuntungan lainnya
yang membantu bisnis konsumen lebih baik adalah kemudahaan manajemen pengemudi,
dimana Hino Connect memiliki fitur untuk Driver Assignment dan Score Card
pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar. karena fitur ini
dapat melihat perilaku supir dalam berkendara sehingga menurunkan resiko
kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan. Terakhir keuntungan yang
pelanggan dapatkan adalah kemudahan dalam manajemen kendaraan. Dalam Hino
Connect terdapat fitur Service Reminder dan Vehicle Rule untuk itu perawatan
kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan Hino terus terjaga
dan terawat, bisnis semakin lancar dan meningkatkan harga jual kembali.
Pelatihan Mekanik dan Pengemudi Gratis
Untuk Customer
Hino Turut juga
memberikan pelatihan secara gratis atau cuma – cuma bagi customer. Pelatihan
mengenai Hino Common Rail Engine diberikan kepada mekanik dan juga pengemudi
dengan berbagai macam materi pelatihan yang memudahkan bisnis konsumen. Karena
dengan pelatihan dapat membantu memberikan pengetahuan dan pemahaman yang baik
dan benar sehingga ketika kembali terjun ke lapangan dapat memberikan
kontribusi yang baik bagi perusahaan.
“Training kami sediakan secara gratis bagi
pelanggan setia kami agar para pengemudi dan mekanik mereka paham akan
kelebihan dan cara menangani mesin Hino common rail, sehingga seusai pelatihan hasilnya
dapat membantu mempermudah operasional dari perusahaan mereka”, pungkas Santiko.
Leave Reply
Your email Address will not be published, Required filed are marked*