x
Laporan Pertandingan Dakar Rally 2014 - Tahap 7
  12 Januari 2014
  Category
  admin
  Post a Comments

Laporan Pertandingan Dakar Rally 2014 - Tahap 7

Hari Pertama dari Tahap 2 Membawa Kontestan di Ketinggian 4000m+

Truk Hino menyelesaikan bagian akhir di Argentina dengan performa tangguh. 

Bagian kedua Dakar Rally 2014 dimulai tanggal 12 Januari. Kategori motor berangkat dari Salta, Argentina ke Uyuni, Bolivia, sementara kategori mobil dan truk belomba dalam lingkaran yang dimulai dan berakhir di Salta. Mekanik dari Tim Hino Sugawara sangat siap  dengan kedua truk Hino 500 mereka. Pada hari ini, kedua truk memperlihatkan kembali performa yang cantik bertanding dengan kendaraan lain yang lebih besar, Truk 1 menempati posisi ke 25.

Truk 1 dikemudikan oleh kru Yoshimasa Sugawara/Katsumi Hamura

Walaupun Dakar Rally tahun ini dikenal sebagai pertandingan Argentina-Bolivia-Chile, kategori motor merupakan satu-satunya yang bertanding dalam segmen Bolivia. Kategori Mobil dan Truk bertanding di rute Salta dimana mereka beristirahat. Kategori motor akan bertemu dengan kategori lain di perkemahan daerah Calama, Chile pada saat mereka kembali dari Uyuni tanggal 13. Walaupun rute melingkar hari ini tidak begitu menantang namun mereka harus bertanding sejauh 525km dan tidak adanya zona netral.

Rute SS ini secara keseluruhan berada di dataran tinggi 3000-4000m, banyak dari daerah itu merupakan jalanan berkerikil. Cuaca buruk melanda daerah Salta, dengan awan rendah di pagi harinya sehingga menghalangi helicopter yang sedang patroli rute, akhirnya membuat pertandingan dimulai 50 menit lebih lama dari jadwal. Tidak ada dampak pada kondisi mengemudi dikarenakan panitia telah membuat pengumuman apabila hal seperti ini terjadi.

Truk 2 dikemudikan oleh kru Teruhito Sugawara dan Hiroyuki Sugiura selesai rute SS pada posisi 33 secara keseluruhan dan posisi Pertama dalam Kelas Under 10-litre. Truk 1 dikemudikan oleh Yoshimasa Sugawara dan Katsumi Hamura memodifikasi mesin mereka untuk ketinggian yang lebih dan selesai rute SS pada posisi 36 secara keseluruhan dan posisi Kedua dalam Kelasnya. Sesuai dengan hasil ini, Truk 2 tetap berada pada posisi ke-13, Truk 1 naik posisi ke-25, dan kedua truk tetap pada posisi 1 dan 2 dalam Kelas Under 10-litre.

Kontestan dengan jumlah cukup besar sudah banyak yang keluar dari perlombaan ini, termasuk kru Johan Elfrink (Mercedes Benz Axor), rival lama Hino yang telah bertanding sangat sengit dalam perlombaan sebelumnya.Walaupun begitu Dakar Rally belum selesai, anggota tim lainnya tetap fokus pada saat mereka menuju bagian Chilean dimulai tanggal 13, dengan fokus untuk mencapai tujuan mereka, yaitu menyelesaikan perlombaan dengan posisi tertinggi dari semua kategori truk. 

Yoshimasa Sugawara: Di dataran tinggi performa mesin berkurang, namun kami berlari dengan baik. Saya tidak merasa letih secara fisik dan kembali ke perkemahan masih bersemangat. Kami akan mengerahkan segala kemampuan kami pada rute Chilean besok.

Katsumi Hamura: Kami bertanding pada ketinggian 3000m diatas permukaan laut, membuat kepala saya pusing. Namun setelah turun saya merasa lebih baik. Rute kami mempunyai beberapa jalur sehingga tidak sulit dalam proses navigasi.

Hiroyuki Sugiura: Walaupun jalur hari ini melalui jalan pegunungan, mereka termasuk daerah dengan kecepatan tinggi dan kami melaju 140km/jam. Kami banyak melihat truk lain terbalik. Saya juga tidak terlalu bisa dalam ketinggian seperti ini, jadi hari ini merupakan hari yang berat untuk saya.

Takeshi Suenaga: Hari ini berlangsung sangat cepat. Walaupun kami sangat sibuk, namun kami sangat bersemangat . Salah satu hal yang membuat kami waspada adalah bagaimana kita harus mendongkrak di jalan yang tidak rata. Saya selalu bekerja dengan belajar dari kesalahan, walaupun begitu saya sering membuat banyak perubahan mendadak, seperti membuat beberapa bagian dari aluminium dengan besi.

Hiroaki Tamura: Sejauh ini kami belum menemukan masalah yang besar. Namun, kami menemui situasi dimana kami baru saja selesai memperbaiki satu hal, maslaah lain muncul jadi kami tidak bisa lengah sama sekali.

Norishiro Senuma: Keadaan berjalan lebih lancar dari yang saya perkirakan baik untuk truk ataupun tim. Walaupun kami kekurangan tidur, tapi kami masih bisa beristirahat dalam perjalanan jadi bukan masalah. Hujan yang melanda kemarin agak menyulitkan untuk kami, tapi kami sudah mulai terbiasa dengan panasnya cuaca.

Tadahiko Fuke: Saya memperbaiki Truk 2 dan 1, dan saya sempat khawatir dengan kecelakaan kemarin, namun ternyata kami tidak menemukan kerusakan besar jadi saya yakin truk kami akan kuat dalam melalui kondisi jalanan seperti ini.

Leave Reply

Your email Address will not be published, Required filed are marked*